Jumat, 10 Agustus 2012

Cara Merawat Burung Kenari

Merawat burung kenari tidaklah rumit. yang paling penting jagalah kesehatan burung tersebut, selain itu juga makanan serta kondisi kandangnya harus selalu kita jaga kebersihanya. Akan lebih baik apabila kandang harus dibersihkan setiap hari. Makanan yang bagus dikonsumsi oleh burung kenari adalah buah-buahan dan sayuran seperti apel, selada dan sawi itu merupakan makanan yang wajib disediakan setiap hari.



Kemudian untuk menghindari dari serangan penyakit, wadah makanan sebaiknya dibersihkan setiap hari, karena dikhawatirkan sisa-sisa makanan yang membusuk akan membawa penyakit bagi burung. Untuk air minum dari burung kenari seharusnya kita berikan air mineral atau air masak, bisa juga kita berikan air yang dalam kemasan. Berikut ini cara memelihara burung kenari supaya memiliki suara yang bagus.


  1. Pada saat pagi hari, kalau bisa burung kenari kita sandingkan dengan burung kenari yang sudah pandai berkicau, apabaila kita tidak punya burung kenari yang sudah pandai berkicau, kita bisa stelkan kaset burung kenari, supaya burung kita pandai berkicau.
  2. Jangan pernah coba-coba untuk mempertemukan kenari yang disandingkan tersebut karena akan berpengaruh terhadap kenari kita. Jadi hanya cukup untuk meperdengarkan suaranya saja. Kalau sudah agak lama, sekitar satu atau dua minggu kita sandingkan, seterusnya jangan terlalu sering, cukup 2-3 kali dalam seminggu.
  3. Jemurlah kenari setiap hari, sekitar pukul 06.00-11.00 WIB itu sudah cukup, kemudian jangan terlalu banyak memberikan makanan dan minuman pada saat dijemur karena akan mempengaruhi suaranya.
  4. Sebaiknya penjemuran dilaksanakan ditempat yang luas atau kalau tidak kandangnya yang besar supaya burung kenari bebas bergerak.
  5. Kemudian setelah burung dijemur, tempatkan burung ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari , tunggu sampai burung berhenti ngos-ngosan. Setelah itu burung bisa diberikan makanan yang bergisi semisal apel merah, pisang ataupun buah segar yang lainya, dan jangan sampai diberikan minum pada saaat makan. Kemudian setelah makan baru diberikan minum dengan air yang sudah masak.
  6. Untuk menghasilkan suara yang bagus sebaiknya pada minuman burung dicampurkan vitamin, vitamin ini bisa kita dapatkan pada toko-toko penjual makanan burung, seperti vitasol atau jenis super kicau.
  7. Berikanlah istirahat yang cukup bagi burung, setelah burung dijemur, makan, minum supaya tidak terganggu oleh dunia luar sebaiknya kandang burung kita tutup pakai kain atau mungkin dengan penutup kandang yang ada supaya burung bisa istirahat dan tidur yang cukup.

1 komentar:

  1. apakah menutup kandang kenari dengan tirai gelap bisa meningkatkan keindahan suara burung kenari layaknya kita melatih suara burung kacer

    BalasHapus